Memberi pelayanan prima kepada masyarakat merupakan tolak ukur keberhasilan sebuah perpustakaan, sehingga dapat diartikan bahwa citra sebuah perpustakaan dapat dilihat dari layanannya. Untuk itu perlu diupayakan berbagai cara untuk meningkatkan layanan perpustakaan dengan berbagai ragam inovasi yang menarik, mudah diingat masyarakat dan yang paling utama adalah ditujukan untuk mendekatkan antara perpustakaan dan masyarakat.

Kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga reda juga salah satu dasar pengembangan inovasi perpustakaan berbasis teknologi informasi. Masyarakat dapat mengakses layanan menggunakan computer atau gadget masing-masing tanpa perlu harus datang langsung ke perpustakaan.

Salah satu inovasi baru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta adalah Pandora (Pendaftaran Anggota Baru secara Online Perpustakaan Kota Yogyakarta). Layanan Inovasi Pandora adalah layanan pendaftaran anggota baru yang dilakukan secara online sehingga mempermudah masyarakat yang belum terdaftar sebagai anggota Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Masyarakat dapat melakukan pendaftaran melalui website resmi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Berikut langkah-langkahnya

Layanan Pandora ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk mempermudah masyarakat dalam mendaftar sebagai anggota baru perpustakaan dan mendapatkan berbagai layanan yang ada di Perpustakaan Kota Yogyakarta