
Manuskrip atau naskah kuno merupakan sumber informasi primer yang memberikan informasi penting bagi kita di masa sekarang terkait sejarah, tradisi dan budaya masyarakat di masa lampau. Perpustakaan sebagai salah satu pelestari budaya berperan penting dalam pengelolaan dan pelestarian manuskrip yang tersebar di tengah masyarakat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Berkaitan dengan hal tersebut, Perpustakaan UIN Kyai Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menjadi tujuan kegiatan studi visit yang dilaksanakan oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Ibu Dra. Labibah Zain, MLIS dan lima orang pengelola perpustakaan, yaitu Dra. Irhamny, Wahyani, S.Ag.,SS.,M.IP., Muh. Khabib, SIP, Hasan Latif, S.IP, dan Miftakhul Yazid Fuadi, SIP. Studi visit yang dilaksanakan pada hari Senin, 27 Desember hingga 29 Desember 2021 ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan manuskrip yang meliputi perawatan, peralatan yang digunakan, dan teknik digitalisasi naskah. Selain itu juga untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan prospek pengelolaan manuskrip untuk mengembangkan layanan Sunan Kalijaga Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Kehadiran rombongan UIN Sunan Kalijaga diterima oleh Kabiro AUK UIN KHAS Bapak Ali Shodiq, MA. Dalam agenda kunjugan tersebut, dilaksanakan audiensi, dan ramah tamah dengan Rektor UIN KHAS, Kabiro AUK dan pustakawan UIN KHAS. Selanjutnya dilaksanakan dialog dan demo proses pengelolaan digitalisasi manuskrip dengan dosen dan pustakawan UIN KHAS. Dari studi visit ini dapat diperoleh banyak informasi sebagai masukan yang sangat penting bagi pihak Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, antara lain mengenai pentingnya kerjasama dengan dosen dan mahasiswa di bidang filologi, dan pendekatan kultural yang dilakukan unutk menjaring manuskrip yang tersebar di tengah masyarakat. (Ist)
http://lib.uin-suka.ac.id/2022/01/05/kepala-perpustakaan-dan-lima-orang-pengelola-perpustakaan-uin-sunan-kalijaga-melaksanakan-studi-visit-pengelolaan-manuskrip-di-perpustakaan-uin-kyai-haji-achmad-siddiq-uin-khas-jember-jawa-timur/