
Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Perpusnas RI sampai pada tahun 2022 sudah melakukan replikasi ke 136 kabupaten/kota dan 96 perpustakaan desa di 34 provinsi. Pada tahun ini salah satu yang tergabung dalam program TPBIS adalah Provinsi Sulawesi Tengah.
Agar program ini berjalan dengan baik maka perlu ada upaya untuk meningkatkan kapasitas pengelola perpustakaan sebagai bagian dari komponen utama program yang akan dijalankan. Tujuannya adalah agar pengelola dapat meningkatkan kualitas layanan dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat, mampu beradaptasi dengan kemajuan TIK di era kenormalan baru, mampu melakukan advokasi kepada pihal lain untuk mendukung kegiatan dan keberlanjutan perpustakaan.
Oleh karena itu dilakukan kegiatan Bimtek SPP – TIK di Provinsi Sulawesi Tengah dengan peserta yang berasal dari provinsi, Kabupaten, dan desa yang sudah diseleksi sebelumnya untuk ikut bergabung dalam program TPBIS Perpusnas RI Tahun 2022. Tujuan diadakannya bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya literasi melalui transformasi perpustakaan untuk pembangunan manusia; meningkatkan pengetahuan peserta tentang konsep dan strategi-strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial yaitu peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat dan advokasi; serta memfasilitasi penyusunan rencana kerja kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam situasi kenormalan baru.
Bimtek dilakukan dari tanggal 12 sampai dengan 14 April 2022 bertempat di Hotel Swissbel Silae Jl. Malonda No.12, Silae, Kec. Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94227 yang diikuti oleh 31 orang yang terdiri dari 2 orang dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, 4 orang dari Perpustakaan Kabupaten Morowali Utara, 4 orang dari Perpustakaan Kabupaten Toli-toli, 4 orang dari Perpustakaan Kabupaten Banggai Kepulauan beserta 3 desa replikasi yaitu Bolonan, Bolubung, dan Boyomoute (masing-masing 3 orang), 4 orang dari Kabupaten Tojo Una-una, dan 4 orang dari Kota Palu.
Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM. Dalam sambutannya, Nyoman menyampaikan bahwa dengan adanya Bimtek ini, program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dapat berjalan di seluruh wilayah di Sulteng. Harapannya Dinas Perpustakaan Kabpuaten/Kota dapat benar-benar menggerakan dan memberdayakan masyarakat dari apa yang mereka baca bisa dipraktikkan dan dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat. Dinas Perpustakaan dan Karsipan di daerah-daerah diharapkan bisa mendampingi masyarakat untuk dapat menerima informasi yang jelas dan informasi yang bisa meningkatkan taraf kehidupan. Setelah mendapatkan program ini tidak hanya diam tetapi lanjut dengan melakukan advokasi dan membangun kemitraan dengan siapa yang bisa membantu dan koordinasi dengan OPD teknis lainnya.
Setelah dibuka, kegiatan inti bimtek dimulai dengan difasilitasi oleh 2 orang Master Trainer Nasional Program TPBIS yaitu Agung Wibawa, SIP., Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, DIY dan Arita, Pustakawan Perpustakaan Desa Hatukau, Batu Merah, Ambon, Maluku. Ada 8 sesi yang dilaksanakan selama 3 hari dari mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WITA, yaitu Sesi 1 Pembukaan, perkenalan, dan penyampaian tujuan bimtek; sesi 2 Literasi untuk membangun masyarakat melalui transformasi perpustakaan; Sesi 3 Literasi digital untuk masyarakat; Sesi 4 Peningkatan layanan informasi; Sesi 5 Pelibatan masyarakat; Sesi 6 Literasi data; Sesi 7 Advokasi; dan Sesi 8 Rencana kerja, wrap up, evaluasi, dan penutupan kegiatan.
Tidak lanjut dari bimtek ini masing-masing kabupaten dan desa diminta membuat rencana kerja peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, lobi, kemitraan, dan promosi masing-masing minimal 2 kegiatan dalam waktu 3 bulan dan akan dipantau oleh Master Trainer dan Konsultan.
Kegiatan ditutup oleh Kepala Pusat Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional RI, Dr. Upriyadi didampingi I Nyoman Sriadijaya. (AGU)